Minggu, 22 Februari 2009

Membuka Cakra Mahkota

Posted on April 6, 2008
Filed Under Tips, Meditasi, Sadhana | Del.icio.us

Teknik pertama yang saya pelajari dalam meditasi adalah membuka Cakra Mahkota yang berlokasi di ubun-ubun. Intinya teknik ini membuka cakra mahkota agar kita bisa menerima energi alam untuk membersihkan diri (hati dan tubuh).

Caranya tidak terlalu sulit, karena masih pemula sebaiknya mencari tempat dan waktu yang tenang, usahakan tidak ada yang mengganggu selama proses meditasi. Ambil posisi duduk bersila dengan kedua telapak tangan terbuka menghadap keatas diletakan rileks diatas dengkul dan mata terpejam. Bernapaslah seperti biasa melalui hidung, rasakan udara yang masuk dari hidung dan masuk ke paru-paru, rasakan hangatnya hembusan udara yang keluar dari hidung. Lakukan kira-kira 3-5 menit atau hingga tubuh sudah menjadi lebih rileks.

Lalu dengan niat tulus untuk mengikuti ajaran Tuhan, lakukan afirmasi sbb :

“Ya Tuhan mohon restu untuk mendalami ajaran-Mu, mohon hamba diterima sebagai murid. Apa yang berada didalam dan diluar tubuh hamba yang dapat menghalangi ajaran-Mu mohon dilebur”

Setelah itu bayangkan Matahari turun dari langit dan berada kira-kira sejengkal diatas kepala, bayangkan dan rasakan panasnya matahari dikepala, serta cahaya matahari yang menyinari seluruh tubuh, bayangkan cahaya matahari berwarna putih terang masuk melalui ubun-ubun dan menerangi setiap bagian tubuh, mulai dari kepala hingga ke ujung kaki.

Selama proses berlangsung niatkan dalam hati seluruh “kotoran dan penyakit” terdesak keluar dari tubuh oleh sinar matahari dan seluruh kotoran serta penyakit yang keluar hangus terbakar menjadi asap atau bisa juga kotoran yang keluar terbuang ke laut dan ditelan ombak.

Bila ini dilakukan dengan benar dengan niat tulus, maka anda akan merasakan beberapa sensasi fisik yang menunjukkan mulai aktifnya Cakra Mahkota, beberapa diantaranya adalah, rambut terasa bergetar danubun-ubun terasa seperti terbuka sedikit-demi sedikit.

Lakukan secara rutin setiap hari dan ketika anda tidak lagi merasakan sensasi seperti diawal-awal mulai meditasi, maka anda siap masuk ke teknik berikutnya.

Popularity: 100% [?]
Comments

11 Responses to “Membuka Cakra Mahkota”

1. Lisa on April 23rd, 2008 10:04 pm

thank you!
trima kasih atas keterangannya, sangat membantu dalam upaya saya bermeditasi karena gak ngerti2 harus bagaimana selain duduk sila dan tutup mata.
2. admin on April 24th, 2008 9:18 am

Semoga makin harmonis.
3. baijuri on May 11th, 2008 10:46 am

salam kenal. saya seorang pemula. mohon petunjuk2 berikutnya. saat ini saya pada kondisi memprihatinkan!
4. admin on May 12th, 2008 11:52 am

Kalau boleh saya tahu kondisi apa yg dimaksud, apakah kesehatan, spiritual atau lainnya?

Tergantung dengan kondisi dan kebutuhan mungkin saya bisa membantu memberikan sebuah refferensi bagin anda.
5. Ibhay on June 14th, 2008 10:09 pm

selamat ciang,mlm or sore…aku newbie dalam dunia cakra nie. byk yg aku pgn tanyakan tentang semua ini. coz aku tertarik sekali dengan cakra. aku punya teman yang bisa melakukan healing self dengan cakra, namun katanya, aku harus membuka cakraku sendiri. aku gak tau bagaimana caranya. kemarin, aku memaksa kepadanya, dan katanya dia bisa membuka cakraku..tapi sifatnya gak patent. hanya bersifat sementara. dan aku rasakan tubuhku terasa ringan setelah dibuka. yang mau aku tanya…bagaimana caranya agar cakraku bisa selamanya terbuka. terimakasih sebelumnya atas dijawabnya pertanyaanku.
6. admin on June 18th, 2008 4:50 pm

Ya benar pembukaan cakra dapat dibantu tapi tidak permanen. Agar menjadi permanen harus rajin berlatih melalui meditasi, bila tidak dilatih cakra yang terbuka akan menutup kembali.

Dengan banyak berlatih maka jalur energi yang biasa disebut shusuma akan terbuka dan menghubungkan ke 7 cakra utama.
7. zechuza on June 28th, 2008 4:38 pm

assalamu’alaikum bwt semua member yang telah leih dulu join di member ini. salam kenal dari zechuza
terimakasih juga untuk eyang ibhay (^_^) yang udah ngasih referensi tentang website ini. semoga anda tetap berada dalam lindungan tuhan. mungkin segini dulu kali yak…maklum masih baru…jadi masih malu-malu kucning.he2. assalamu’alaikum untuk semua
8. mimi on August 9th, 2008 5:54 pm

salam kenal, saya mau nanya mungkin nggak seseorg terbuka cakranya tanpa meditasi ???
karna saya punya kenalan kata temannya cakra ajnanya dy sudah kebuka….

trus kira2 kenapa ya akhir2 ini dy sering sakit di tempat / titik cakra ajnanya
9. eka rista harimurti on August 11th, 2008 10:25 am

assalamualaikum…
mohon penjelasan lebih lanjut mengenai cakra dan pembukaan cakra,dimana saya bisa ikut bergabung untuk mempelajarinya. haturnuhun. wassalamualaikum.
10. admin on August 20th, 2008 8:31 am

Untuk Mimi dan Eka Rista:

Jawabnya bisa saja cakra dibantu untuk dibukakan, terus kalau sudah kebuka gimana? Tujuan membuka cakra adalah untuk menyatu dengan Alam Semesta dan mencapai tingkat (kesadaran) spiritual yang lebih tinggi.

Kalau sekedar dibuka namun batin tidak pernah diolah tidak akan ada gunanya.

Lebih lanjut mengenai pembukaan cakra dan jalur energi bisa ikut bergabung dulu di milis Harmonisasi Universal di alamat :

http://groups.google.com/group/harmonisasi-universal

Namaste.
11. mametz on November 8th, 2008 10:01 pm

salam kenal, saya tertarik untuk membuka cakra. sebelumnya saya ingin tanya apa bedanya teknik ini dengan reiki.
thanx untuk perhatiannya

Leave a Reply

Name (required)

Email Address(required)

Website

KeyCode (required)

Tidak ada komentar: