Minggu, 22 Februari 2009

Mengatasi Sakit Dengan Meditasi

Filed Under Tips, Kesaksian, Meditasi, Sadhana | Del.icio.us

Sebelumnya saya pernah mendengar beberapa cerita dimana meditasi dapat digunakan untuk mengatasi atau minimal mengurangi rasa sakit.

Dalam bebeberapa kesempatan saya sudah mencoba dan membuktikan sendiri bahwa meditasi sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Ketika bertugas di luar kota, saya di ajak untuk makan sop kambing yang sudah cukup lama saya hindari karena asam urat, tidak bisa menolak karena diajak oleh client maka saya pun mencicipi semangkuk sop yang nikmat tersebut  benar saja, malamnya saya hampir tidak dapat bergerak dan rasa nyeri akibat asam urat mendera dari tengkuk hingga ke ujung jari kaki, kepala terasa berat dan seluruh tubuh terasa begitu kaku dan ngilu. Setelah lebih dari 2 jam terkapar ditempat tidur tanpa bisa bangun saya kemudian mulai berpikir dan mencoba untuk mengatasi sakit tersebut dengan meditasi, dengan tetap dalam keadaan terbaring di tempat tidur saya menutup mata dan membuat tubuh serileks dan senyaman mungkin.

Dengan membiarkan rasa sakit itu tanpa ada keinginan untuk melawan rasa sakit tersebut, saya kemudian mengatur irama napas agar detak jantung kembali normal dan tidak berdetak terlalu kencang.

Langkah berikutnya saya berkonsentrasi pada rasa sakit itu sendiri, mulai dari kepala hingga ujung jari kaki, saya merasakan syaraf-syaraf mana saja yang sakit, jenis rasa sakitnya nyeri, tertarik, pusing, mati rasa dll, dalam waktu kurang lebih 1 jam melakukan meditasi, berangsur rasa sakit terasa berbeda, rasa sakit masih tetap ada namun tubuh dapat menerimanya dengan lebih baik sehingga penderitaan yang dirasa tidak seperti sebelumnya dan saya mulai dapat menggerakkan tubuh untuk bangkit.

Beberapa minggu lalu secara tiba-tiba saya mengalami sakit kepala (migraine) yang begitu hebat, kepala serasa ditusuk-tusuk jarum dan menjadi kebal (mati rasa). Setelah dibiarkan cukup lama dan rasa sakit tidak berkurang juga, saya kembali mencoba melakukan meditasi, kali ini dengan posisi duduk. Dengan konsentrasi ke bagian yang sakit “Menyadari” jenis rasa dan bagian yang sakit tanpa melawan rasa sakit itu sendiri, 15 menit kemudian rasa sakit itu perlahan berkurang hingga akhirnya hilang sama sekali tanpa perlu obat.

Dalam kesempatan lain jadwal kerja yang padat membuat saya tidak sempat sarapan dan makan siang, sore hari tiba-tiba perut terasa kram dan perih, dengan meditasi kram dan perih di lambung dapat diatasi dalam waktu kurang dari 5 menit.

Popularity: 46% [?]
Comments

3 Responses to “Mengatasi sakit dengan Meditasi”

1. Firmansyah on March 29th, 2008 9:24 pm

Saya mau sharing jg boleh ya mas, saya jg pernah membantu teman saya yg mengalami sakit kepala lumayan berat karena dirinya habis kecopetan dipasar dgn jumlah yang lumayan besar. Teknik yang saya gunakan yaitu S-EFT ato Spiritual Emotional Freedom Techniques,Affirmasi yg digunakan yaitu ; “Ya Allah (sesuai keyakinan masing2), walaupun saya mengalami sakit kepala (atau tergantung penyakitnya), saya ikhlas.. saya pasrahkan pada Mu sepenuhnya..(diulang terus dlm hati dgn khusyuk).

Dan saya bersyukur krn 15 menit kemudian setelah terapi selesai, teman saya itu mengaku bahwa sakit kepalanya sudah hilang sama sekali. Kunci utama dalam meditasi utk mengatasi sakit adalah keikhlasan dan kepasrahan total diri kita pada Yang Maha Kuasa atas penyakit yg diderita. Hanya dgn keikhlasan dan keyakinan yg kuat utk sembuh mudah2an semua penyakit bs disembuhkan dengan izin Tuhan Yang Maha Penyembuh.
2. admin on March 30th, 2008 10:25 am

Benar mas Firman, saya setuju.
Saya pernah mendengar tentang teknik SEFT tapi tidak paham, kalau memang tidak keberatan mas bisa sharing dengan sebuah artikel disini mungkin? siapa tahu bermanfaat bagi orang banyak. :)
3. dani on March 30th, 2008 1:54 pm

tentang SEFT ada kok bukunya.

memang modal utamanya dalam SEFT adalah keikhlasan dan kepasrahan disamping doa yang khusu’

Leave a Reply

Name (required)

Email Address(required)

Website

KeyCode (required)

Tidak ada komentar: